Header Ads

ad

Koleksi Busana Muslim Bordir Toko Putri Dinasty

1. KERUDUNG DAN JENIS BAHAN
gambar diatas merupakan koleksi kerudung yang ada di Toko/Outlet bordir Putri Dinasty.
diantaranya kerudung segi empat, kerudung pasmina dll. dengan berbagai macam bahan diantaranya dari bahan :
SIFON atau CHIFFON
 Jenis kain kerudung ini terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis.  Jenis kain kerudung ini memiliki sifat tipis, licin dan panas ketika digunakan untuk bahan kerudung jika tidak ada kombinasi lain dalam desain kerudung itu sendiri, biasanya kain jenis ini dalam pemakaian nya di ikuti oleh ciput dari bahan kaos. Meskipun demikian bahan kain kerudung ini cukup banyak di gemari oleh kaum hawa karena sifatnya yang ringan dan nge-flow. Kain sifon juga mempunyai banyak jenis diantaranya sifon polos ( yang biasanya terbuat dari bahan polyster /minyak bumi ) dan jenis sifon cerutti ( dari bahan sutra ). Kain sifon merupakan kain yang sangat ringan yang bisa terbuat dari katun, sutra ataupun benang sintetis. Sifon dibuat secara eksklusif dari serat sutra. Sejak awal 1950-an, pemakaiannya menjadi lebih luas karena seratnya lebih kuat dan harganya relatif terjangkau dibanding sutra murni. sifon sutra ini sangat perlu perhatian khusus karena mudah sobek. Seiring dengan perkembangan teknologi, bahan ini pun mengalami metamorfosis. Bahkan, seorang awam akan sangat sulit membedakan antara satu variasi bahan dan bahan lain tanpa pengarahan khusus. Secara umum sifon terdiri dari silk chiffon, poly chiffon, dan blend chiffon. Kerudung jenis Chiffon ini sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai macam gaya namun membutuhkan pin, jarum pentul atau peniti untuk membuat kerudung tidak mudah lepas. Selain ini jenis Chiffon ini juga motif nya banyak lucu dan unik, yang dapat disesuaikan dengan gaya santai, casual maupun ke pesta. Banyak bergo yang berbahan chiffon. Baik chiffon  two tone ataupun chiffon crepe. Meskipun agak panas, tapi bergo chiffon dapat dijadikan alternative buat acara yang lebih semi formal. Bila memilih bergo chiffon ini lebih baik sesuaikan dengan bahan busana. Chiffon sekarang ini banyak ditemui untuk pashmina dan terdapat dalam bentuk bermotif maupun polos. Kelebihan : Hijab berbahan sifon akan memberikan kesan elegan bagi orang yang memakainya, sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara semi-formal dan formal. Kekurangan : Bahan ini tidak cocok untuk digunakan saat cuaca panas dan cepat kusam
HYCON
Kalo sekilas di lihat  kain kerudung ini tak tak terlihat berbeda dengan jenis kain kerudung sifon, kain kerudung sifon lebih licin dari kain kerudung hycon, akan tetapi jenis kain kerudung ini memiliki sifat lebih lembut di bandingkan dengan jenis sifon, biasanya dalam pemakainya kerudung ini di tambahkan ciput sebelum di lapisi kerudung hycon.  Desain jilbab atau kerudung jenis bisa bisa juga dibuat dengan istilah double hycon. Maksudnya dibuat dua lapis. Hicon sendiri memiliki ciri serat kain lebih rapat dibanding kain paris kw1, lebih lembut dan halus, tidak licin, bahannya pun “jatuh” tidak “ngembang”. 
VOILE
Jenis kain kerudung ini memiliki sifat hampir sama dengan bahan kerudung hycon, yaitu sama – sama memiliki sifat halus dan lembut, kain kerudung ini sangat cocok di gunakan waktu siang hari dan penggunaannya pun harus menggunakan dalaman, seperti ciput atau ninja, meskipun demikian jenis kain kerudung ini memiliki sifat tidak lentur. Kain kerudung jenis ini terbuat dari bahan kapas tapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester. Kelebihan : Bahannya halus dan lembut sehingga sangat nyaman dipakai dan cocok digunakan pada siang hari. ekurangan : Bahannya tidak lentur sehingga sulit untuk dikreasikan. 

 


MUKENA DAN JENIS BAHAN
gambar diatas merupakan berbagai koleksi mukena yang ada di toko Putri Dinasty, diantaranya yaitu mukena bali, mukena prada, mukena santung rayon dll. dengan berbagai macam jenis bahan dan motif bordir daintaranya :

1. Kain Katun Biasa  
Meskipun namanya katun biasa, kain jenis ini bukan berarti tidak memiliki keunggulan. Berbeda dari kain katun lainnya yang terbuat dari bahan campuran, kain katun biasa terbuat dari seratus persen katun. Kain yang digunakan untuk membuat mukena katun ini juga punya kelebihan dalam hal daya serap keringat. Mukena katun biasa juga memiliki corak yang beraneka ragam, meskipun warna yang dihasilkan dari corak tersebut tetap tidak bisa mengalahkan ketajaman warna katun jepang.
 Jenis kain ini harganya relatif murah tapi dipakainya terasa adem dan nyaman dipakai, kekurangannya seratnya agak kasar dan agak kaku.
2. Kain Katun Rayon
Bahan Katun rayon merupakan bahan campuran katun dan rayon yang berbahan dasar kayu. Bahan jenis ini paling banyak dicari pengguna karena harganya murah terjangkau dan bahannya nyaman diapakai, lembut, dan adem. Katun rayon banyak digunakan untuk mukena bali yg pernah booming beberapa tahun lalu, dan hingga sekarang masih banyak penggemarnya. Mukena berbahan katun rayon (mukena bali) selain untuk dipakai sehari-hari, juga cocok untuk dibawa bepergian/traveling.
3. Katun Jepang 
Katun jepang memang lebih bagus dari kain katun pada umumnya. Kain katun jepang  sangat lembut, dipakainya adem dan dan memiliki daya serap keringat yang baik, warnanya tajam dan motifnya beragam. Warna dan motif akan tetap cerah dan tajam walaupun sudah mengalami pencucian berkali-kali.
4. Kain Katun Paris 
mempunyai karakteristik sama dengan kain katun jepang. Bedanya kalau kain katun paris lebih tipis dibanding kain katun jepang. Dua bahan mukena yang mirip ini sama-sama adem dan memiliki daya serap keringat  yang jempolan.
 BAJU KOKO DAN JENIS BAHAN
gambar diatas merupakan salah satu jenis koko dengan motif yang sangat casual yang ada di toko putri dinsty. berikut ini jenis kain bahan baju kokonya :
1. Kain Katun
 Busana dari bahan katun memang lah tidak sedikit digemari lantaran tidak hanya nyaman diwaktu digunakan, bahan katun pula amat baik bagi badan kita dikarenakan menyerap keringat & tak panas. Itulah kenapa dalam kesehariannya muslim & muslimah lebih gemar memperbanyak koleksi busana muslim berbahan katun.
Perawatan koleksi busana muslim dari bahan kategori katun benar-benar lebih gampang di bandingkan bersama sifon atau satin. Tetapi konsisten saja kita tak boleh sembarangan dalam merawatnya.
Sebelum mencuci periksalah apakah ada kotoran atau noda yg mengering & menempel kuat terhadap kain. Hilangkan noda tersebut bersama tangan dulu rendam baju dalam air yg telah ditambahkan detejen. Seterusnya kucek hingga bersih, bilas & serta-merta dijemur. Janganlah menunda menjemur baju dari bahan katun dikarenakan khawatir dapat merusak warna dari baju. Saat selesai menyetrika sebaiknya tak dilipat melainkan digantung bersama hanger buat menghindari wujud lipatan. Bahan katun benar-benar mudah sekali kusut maka adanya lipatan bakal menambah kusut kain. 
2. bahan wol
Perawatan busana muslim dari bahan wol benar-benar susah-susah enteng. Bila tak berhati-hati dalam merawat, terutama saat mencucinya, dapat menyebabkan serat jadi ke luar & warna jadi pudar. Oleh dikarenakan itu, dikala mencuci pakai deterjen yg lembut & cucilah bersama tangan pun janganlah disikat. Disaat menyetrika berilah alas kain yg agak lembab buat menghindari busana dari bahan wol jadi mengkilap sesudah disetrika  
 gambar diatas merupakan koleksi baju gamis yang berada di toko busana muslim Putri Dinasty. dengan berbagai macam bahan, berikut ini karakteristik jenis bahan kebaya tersebut :
1. kain wolpis/wolpeach
sering disebut dengan kain arab karena merupakan sdalah satu bahan untuk membuat gamis syar'i. kain ini mempunyai sifat yang lembut dengan karakter yang tebal, sehingga jika dipakai tidak akan terawang. 
2.  Kain Jersey
Memiliki karakter yang tebal, elastis dan mudah jatuh sehingga sangat cocok untuk gamis syar’i karena bahannya tidak mudah nerawang dan teras dingin.
3. Kain Sifon
Bahan ini agak tipis dan memiliki sifat yang lembut, halus, cenderung licin, namun saat dilipat bahan ini terlihat kaku. Bahan ini cocok digunakan untuk gamis syar’i karena memiliki kesan yang mewah dan menarik,